Senin, 01 Juli 2013

Kering Sumur?? Hobungi 085641471172

Pengeboran Sumur
     

          Air merupakan kebutuhan utama, baik untuk manusia, hewan maupun tumbuhan. boleh dikatakan, bahwa air adaah sumber kehidupan yang peranannya sangat urgen dan tak dapat dilepaskan. bagi masyarakat sendiri, kepemilikan sumur pribadi merupakan pentuk ketahanan yang diidam-idamkan. sebagai contoh, ialah di Desa Kayen, Kec. Kayen Kab.Pati yang mana di daerah sini, kebutuhan air sangat besar. hampir setiap warga, memiliki sumur dalam bentuk sumur bur serta sumur suling.

          Salah satu ahli sumur bor dan suling ialah Bapak Sumadi yang biasa menangani masalah membuat, memperdalam, membersihkan sumur keruh. untuk menbuat sumur bor khususnya, dapat dilakukan oleh 3 orang. Rata-rata, untuk membuat sumur bor dibutuhkan waktu satu hari, tergantung kekerasan tanah dan kedalaman sumber air. berhubung di daerah Kayen merupakan daerah basah yang rumayan subur, maka secara umum pembuatan sumur dapat dilakukan sehari saja.

          Persiapan alat-alat yang dipakai adalah pipa sepanjang 20 meter, mata bor 4 jenis, obeng, pompa penguras, karet untuk merekatkan.

 Pengurasan sumur bor, setelah PENGEBORAN

Setelah
Proses penjernihan SUMUR BOR

          Kendala yang biasa dialami dalam bembuatan sumur ini ialah air untuk memperlancar pengeboran. Jika sumur dibuat disamping sumber air, maka proses persiapan sampai penyelesaiannya dapat berjalan cepat.

Tidak ada komentar: